"Ungkapan pemikiran sederhana untuk pembenahan diri"

Kamis, 06 Oktober 2016

KISAH TUKANG BECAK DIANTAR NAIK HAJI JIN MUSLIMAH


Tentang Bu Indi, Sosok Misterius yang Dipercaya Berangkatkan Kasrin ke Tanah Suci  
Kasrin (Foto: Istimewa)

Seperti saya kutip dari detik.com ini tentang tukang becak naik haji yang secara misterius memang agak ganjil, tapi ambil hikmahnya saja kalau Allah SWT sudah meridhai hamba-NYa entah dengan cara apapun pasti keinginannya terwujud. seperti yang saya bawakan dibawah ini :

Rembang - Warga Dukuh Gembul, Desa Sumberejo, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dihebohkan kabar salah satu warganya yang ibadah haji dengan cara tidak biasa. Warga bernama Kasrin (60) itu diyakini diberangkatkan haji oleh seseorang yang keberadaannya misterius.

Kasrin adalah pengayuh becak biasa yang menjalani pekerjaannya puluhan tahun. Kisahnya berawal ketika Kasrin mengatakan kepada keluarganya ingin naik haji beberapa minggu lalu.

"Jadi 10 hari sebelum berangkat bilang mau haji," kata anak sulung Kasrin, Siti Rokhanah, saat ditemui detikcom di rumahnya yang berada di belakang rumah Kasrin, Jumat (16/9/2016). Saat detikcom bertandang ke rumah Kasrin, suasana sepi. Keluarga berada di rumah kerabat yang tak diketahui.

Keluarga tentu bertanya-tanya bagaimana caranya Kasrin bisa berhaji sedangkan selama ini tidak pernah mengurus dokumen apapun dan juga tidak mendaftar haji. Secarik kertas kemudian diberikan oleh Kasrin kepada keluarganya.

Surat tersebut atas nama Ibu Indi yang mengaku sudah mengurus segala keperluan haji Kasrin termasuk pendaftaran. Meski masih bertanya-tanya, keluarga pun percaya dan mempersiapkan mengantar Kasrin ke Masjid Jami Lasem untuk berkumpul dengan calon jamaah haji lainnya.

"Tanggal 23 Agustus jam 22.00 bapak diantar ramai-ramai ke Masjid Lasem, tapi pakaiannya biasa tidak seperti (calon jamaah haji) lainnya," ujar Siti.

Rumah keluarga Kasrin sepi, Jumat 16 September 2016 (Foto: Angling AP/detikcom)Rumah keluarga Kasrin sepi, Jumat 16 September 2016 (Foto: Angling AP/detikcom)

Adik Kasrin, Sutarman (44) yang ikut mengantar Kasrin mengatakan keanehan mulai terjadi ketika mengantar kepergian kakaknya. Saat itu ada banyak sekali keluarga yang mengantar kepergiannya, namun setelah turun dari mobil keluarga dan berpamitan untuk beli rokok, Kasrin tidak kembali dan ternyata sudah ada di dalam bus, tanpa membawa bekalnya.

"Setelah turun (mobil) itu tidak tahu beliaunya ke mana. Ya pakai baju biasa dan celana panjang. Rombongan mencari sudah tidak ada, tidak tahunya sudah di dalam bus," kata Sutarman.

Keesokan paginya Sutarman berusaha menghubungi telepon seluler Kasrin dan ternyata diangkat. Ketika itu Kasrin mengaku masih ada di dalam pesawat sehingga percakapan tidak berlangsung lama.

"Pateni ae aku ning jero pesawat (matikan dulu, aku di dalam pesawat)," ujarnya menirukan Kasrin.

Keluarga memang sempat bingung dan bertanya-tanya, namun kini mereka meyakini kalau ayah tiga anak tersebut memang sedang menunaikan ibadah haji meski dengan cara yang aneh.

Suami dari Jumiati itu kini jadi buah bibir tetangganya dan juga rekan-rekannya sesama pengayuh becak di sekitar Masjid Jami Lasem. Kepulangan Kasrin sangat ditunggu karena menimbulkan tanda tanya di setiap orang yang mendengar kisahnya.
(alg/try)

Tentang Bu Indi, Sosok Misterius yang Dipercaya Berangkatkan Kasrin ke Tanah Suci

Rembang - Kasrin (60) pengayuh becak asal Dukuh Gembul, Desa Sumberejo, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dipercaya berhaji dengan cara misterius. Kisahya tidak lepas dari sosok bernama Ibu Indi. Namun keberadaan Ibu Indi tidak pernah diketahui sampai sekarang.

Nama Ibu Indi ini dikenal seiring menyebarnya kisah Kasrin. Pihak keluarga Kasrin pun masih belum menemukan wanita yang dikatakan tinggal di daerah Lasem, Rembang meskipun sudah berusaha dicari.

"Ibu Indi itu katanya tinggal di Lasem. Tapi adik-adiknya bapak sudah berusaha mencari tapi tidak ada," kata putri Sulung pasangan Kasrin dan Jumiati, Siti Rokhanah (36).

Dari cerita Kasrin, Indi merupakan wanita berusia sekitar 20 tahunan dan sejak Indi SD hingga SMP diantar Kusrin ke sekolah menggunakan becak namun tidak mau dibayar. Sayangnya tidak disebutkan nama sekolahan Indi, bahkan Kasrin juga mengatakan kepada keluarga kalau tidak akan pernah bisa menemukan Indi.

"Bapak bilang sampai kiamat juga tidak bisa ditemukan, cuma bapak yang bisa menemui. katanya selama 8 tahun mengantar bu Indi," ujar Siti.

Sebelum berangkat haji, Kasrin sempat menyodorkan surat ke keluarga yang dipercaya dari Indi yang berisi pemberitahuan kalau Kasrin sudah didaftarkan haji sejak tahun 2007. Keluarga sempat minta agar dipertemukan dengan sosok Indi tersebut namun Kasrin menolak.

"Ya kata Bapak bu Indi beda alam," ujarnya.

Keluarga akhirnya meyakini dan berbondong-bondong mengantar Kasrin ke Masjid Jami Lasem untuk berangkat bersama rombongan calon haji lainnya tanggal 23 Agustus lalu. Di situlah keluarga semakin heran karena pakaian yang dikenakan Kasrin biasa saja bahkan tidak memperlihatkan hendak berangkat haji.

Adik Kasrin, Sutarman (44) mengatakan setelah Kasrin turun dari mobil keluarga dan berpamitan untuk beli rokok, Kasrin tidak kembali dan ternyata sudah ada di dalam bus, tanpa membawa bekalnya.

"Setelah turun (mobil) itu tidak tahu beliaunya ke mana. Ya pakai baju biasa dan celana panjang. Rombongan mencari sudah tidak ada, tidak taunya sudah di dalam bus," kata Sutarman.

Beberapa kali Kasrin sempat menghubungi keluarga dan mengabarkan dirinya sudah berada di Makkah. Kini keluarga hanya bisa percaya dan menunggu kepulangan Kasrin sembari menggelar doa tiap malam demi keselamatan Kasrin saat menjalankan haji
 berita lainnya....

Banyak hal tak masuk akal yang dialami Kasrin (60), tukang becak yang pergi haji secara misterius. Di sela haji, dia sempat pulang ke Rembang. Perjalanan ditempuh dalam waktu beberapa menit. Hah?

Kepada tamu-tamunya yang datang ke rumah di Dukuh Gembul, Desa Sumberejo, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Kasrin mengatakan dengan bantuan Indi, dia sempat pulang ke Rembang. Waktu itu, beberapa hari setelah berangkat, dia merasa kangen anak cucu.

"Saya disuruh hadap ke Barat (oleh Indi), tangan kanan saya bawa kardus, terus di sini (sambil menunjuk tengkuk) dipegang. Tiba-tiba sudah sampai Lasem," aku Kasrin saat detikcom, Rabu (5/10/2016).

Kasrin kemudian menghubungi kerabatnya di Lasem untuk bertemu di suatu tempat dan sempat bertemu untuk memberikan kardus berisi oleh-oleh. Tanpa sepatah kata, Kasrin segera menghilang. Menurutnya saat itu ia sampai di Lasem, Rembang pukul 00.15 dan kembali ke Makkah pukul 00.30, namun Kasrin tidak menjelaskan secara detail soal beda waktu antara Indonesia dan Makkah.

"Saya perjalanan pulang pergi itu 6 menit. Di sini cuma 15 menit," tandasnya. Kasrin tak mempermasalahkan orang yang tidak percaya terhadap ceritanya.

Foto: Angling AP/detikcomFoto: Angling AP/detikcom

Meski bisa berpindah tempat dalam sekejap, tapi Kasrin mengaku berangkat dan pulang haji dengan cara yang sama dengan haji lainnya. Kisah itu membuat geleng-geleng tamu yang datang karena takjub. Belum lagi cerita soal Kasrin dan Indi yang sempat berkurban dua ekor unta. Namun Kasrin lagi-lagi tidak menceritakan tepatnya di mana ia berkurban.

"Bu Indi beli pakai uang saya yang Rp 2 juta, padahal unta di sana sekitar Rp 17 juta seekor. Dua unta itu satu untuk kerabat sini satu kerabat sana (Indi)," katanya.


Kenalan Kasrin, Agung Utomo (40) warga Ngargomulyo, Lasem, Rembang, berkunjung ke rumah Kasrin karena penasaran. Ia sudah lama kenal dengan Kasrin dan sengaja datang untuk mendengar langsung cerita Kasrin yang jadi buah bibir. Tidak ketinggalan ia juga minta didoakan.

"Ya salah satunya juga minta doa. Juga penasaran karena hampir setiap hari dengar cerita tiba-tiba berangkat haji. Ya sekaligus silaturahmi," kata Agung.

Kasrin berangkat haji pada 23 Agustus 2016. Dia diantar keluarga ke Masjid Jami Lasem, Rembang, kemudian menghilang. Keluarga meyakini Kasrin berangkat haji. Nah, pada Selasa, 4 Oktober 2016, dia kembali dengan membawa air zamzam.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Situs

Online now

Show Post

Blog Archive