"Ungkapan pemikiran sederhana untuk pembenahan diri"

Minggu, 06 November 2011

pembagian tanda-tanda kiamat


Kiamat adalah perkara ghoib yang hanya diketahui Allah SWT, akan tetapi Nabi SAW telah diberitahukan tandanya oleh Allah SWT kepada Nabi SAW supaya disampaikan kepada kita semua, sehingga kita menjadi waspada dikapanpun dan dimanapun, tanda kiamat terbagi menjadi dua yaitu tanda kiamat besar dan tanda kiamat kecil, tanda kiamat besar terjadi jika kiamat sudah amat dekat. Sedangkan tanda kiamat kecil terjadi dari wafatnya Rasulullah SAW sampai terjadinya tanda kiamat besar.

A. Tanda-tanda kiamat sughra (kecil), ia terbagi menjadi dua macam:

1. Tanda-tanda jauh:

Ia adalah tanda yang telah terjadi dan telah berlalu, yang termasuk dari tanda sughra. Dinamakan demikian karena telah terjadi jauh sebelum hari kiamat. Seperti, diutusnya Nabi s.a.w, terbelahnya bulan dan munculnya api yang sangat besar di Madinah[1].

2. Tanda-tanda sedang:

Ia adalah tanda yang telah terjadi namun belum berlalu, bahkan semakin meningkat dan bertambah. Tanda seperti ini banyak sekali macamnya, dan masih tergolong tanda-tanda sughra juga, sebagaimana yang akan dibahas nanti. Di antaranya: Budak yang melahirkan tuannya, para penggembala kambing berlomba meninggikan bangunan dan akan munculnya tigapuluh orang dajjal yang mengaku dirinya Nabi[2].

B. Tanda-tanda kiamat kubra (besar):

Apabila tanda-tanda ini telah terjadi, maka ia akan diikuti oleh hari kiamat. Ia berjumlah sepuluh dan belum ada yang terjadi sedikitpun.

Berkata Hudzaifah: (Ketika kami sedang berbincang, tiba-tiba Nabi menengok kepada kami dan bertanya: "Apa yang sedang kalian perbincangkan?" mereka menjawab: kami sedang memperbincangkan tentang hari kiamat. Maka bersabdalah beliau: "Sesungguhnya ia tidak akan terjadi sehingga kalian melihat sebelumnya sepuluh tanda: beliau menyebutkan:

1- Asap

2- Dajjal

3- Binatang

4- Terbitnya matahari dari barat

5- Turunnya Isa ibn Maryam a.s

6- Ya'juj dan Ma'juj

Tiga tempat terperosoknya bumi / gempa bumi :

7- Satu di timur

8- Satu di barat

9- Dan satu di Jazirah Arab,

10- Terakhir adalah keluarnya api dari Yaman yang menggiring umat manusia menuju tempat berkumpulnya"[3].( HR. Muslim dari sahabat Hudzaifah ibn Usaid)

Dalam hadits-hadits yang lain disebutkan tentang Imam Mahdi, penghancuran Ka'bah serta diangkatnya Al-Qur'an dari muka bumi, sebagaimana yang akan disebutkan hadits-haditsnya.Wallahu A’lam



[1] Tanda-tanda ini akan dibahas pada no (1),(3) dan (13).

[2] Tanda-tanda ini akan dibahas pada no (19), (21) dan (11).

[3] HR. Muslim dari sahabat Hudzaifah ibn Usaid. Lihat tanda-tanda ini pada bagian kedua dari buku ini (Tanda-tanda kiamat besar).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Situs

Online now

Show Post

Blog Archive