"Ungkapan pemikiran sederhana untuk pembenahan diri"

Jumat, 04 November 2011

HIKMAH KITA BERBICARA TENTANG TANDA-TANDA KIAMAT

http://www.jmorganmarketing.com/wp-content/uploads/2009/05/asteroid_impact.gif

Setiap perkara yang dibahas dan diperbincangkan oleh masyarakat, pasti akan membuahkan berbagai macam hasil yang akan dipetik oleh dia yang membahas dan mengerjakannya. Maka, apakah dalam pembahasan tanda-tanda hari kiamat serta mempelajarinya terdapat berbagai macam hasil yang dapat kita realisasikan dalam kehidupan kita, Ataukah ia hanya merupakan pengetahuan yang dapat ditambahkan seseorang ke dalam pengetahuan budayanya saja, tanpa memiliki pengaruh terhadap realita kehidupannya. Sesungguhnya tanda-tanda hari kiamat dibahas dalam Al-Qur'an dan Sunnah Nabi, oleh karenanya ia mengandung banyak manfaat yang akan diraih seseorang dalam kehidupannya, selain itu hari akhir merupakan sesuatu yang wajib kita yakini karena termasuk rukun iman yang ke-6 yaitu iman kepada hari akhir/pembalasan. Beberapa hikmah yang akan kita peroleh jika kita membahas tanda-tanda akhir zaman yaitu :

1. Perealisasian atas keimanan terhadap perkara ghaib, dan ini merupakan salah satu dari rukun iman yang enam, Allah berfirman: "(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat"

Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah s.a.w bersabda: "Aku diperintahkan untuk memerangi seluruh manusia sehingga mereka bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan selain Allah, serta beriman kepadaku dan risalah yang aku bawa, jika telah berbuat demikian, berarti mereka telah membentengi darah dan hartanya, kecuali dengan hak, sedangkan perhitungannya adalah di sisi Allah"

Beriman terhadap perkara yang ghaib maksudnya adalah, mempercayai segala sesuatu yang telah Allah kabarkan, atau dikabarkan oleh Rasul-Nya s.a.w, baik itu yang dapat kita saksikan secara langsung ataupun tidak terlihat oleh kasat mata, kita harus meyakini bahwa hal tersebut hakiki dan benar adanya.

Di antaranya adalah tanda-tanda hari kiamat, seperti akan munculnya Dajjal, turunnya Nabi Isa ibn Maryam a.s, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj, keluarnya binatang melata, terbitnya matahari dari barat, dan lain sebagainya dari riwayat-riwayat yang shahih.

2. Pengetahuan terhadap tanda-tanda hari kiamat dapat mendorong jiwa untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah serta mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat; di antara kandungannya terdapat peringatan bagi orang-orang yang lalai, pendorong untuk bertaubat, serta agar tidak bersandar sepenuhnya terhadap dunia yang fana ini. Dan inilah yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah s.a.w terhadap mereka yang berada di sekitarnya, yaitu tatkala mengetahui dekatnya kejadian salah satu tanda hari kiamat. Dalam riwayat Bukhari dan Muslim diceritakan, bahwa Nabi s.a.w bangun pada suatu malam dan bersabda: "Kecelakaan bagi bangsa Arab dari suatu kejelekan yang telah mendekat, pada hari ini sedikit telah terbuka benteng yang menutupi Ya'juj dan Ma'juj…" dalam lanjutan riwayat ini: "Bangunkan para penghuni kamar (isteri-isteri beliau) agar mereka melaksanakan shalat, karena berapa banyak orang yang ketika di dunia berpakaian, namun dia akan bertelanjang ketika di akhirat".

3. Padanya terkandung penjelasan terhadap beberapa hukum syariat dan permasalahan fiqh.

Dalam kisah tinggalnya Dajjal di muka bumi, hari pertama bagaikan satu tahun, hari kedua bagaikan satu bulan. Sebagian dari para sahabat ada bertanya kepada Nabi tentang panjangnya hari yang ada Dajjalnya tersebut: (Apakah cukup dalam satu hari yang panjang tersebut untuk melaksanakan shalat seperti hari biasanya?) Nabi s.a.w menjawab: "Tidak, akan tetapi perkirakanlah padanya waktu-waktu shalat". Dari riwayat ini kita dapat mengambil faedah tentang tata cara shalat bagi kaum muslimin yang tinggal pada suatu daerah yang memiliki siang ataupun malam berkepanjangan, yang bahkan hingga berbulan-bulan.

4. Pengetahuan Nabi s.a.w terhadap tanda-tanda hari kiamat, yang mana ia merupakan perkara ghaib yang tidak mungkin dapat diketahui hanya dengan perkiraan dan prasangka saja, menunjukkan akan kebenaran risalah beliau s.a.w, dan beliau adalah utusan Allah Yang Maha Mengetahui perkara ghaib. Allah berfirman: "(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu (26) Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya"

5. Pengetahuan terhadap tanda-tanda hari kiamat memberi manfaat kepada kita dalam berinteraksi terhadapnya dengan cara yang disyariatkan, sehingga tidak rancu dalam perealisasiannya. Seperti kabar terinci yang sampai kepada kita tentang Dajjal, bagaimana sifat mata, kening dan segala sesuatu tentangnya; sehingga kita dapat terhindar dari fitnahnya, bahkan dapat mengetahui dengan sesungguhnya bahwa dia itu Dajjal.

6. Mempersiapkan diri untuk menghadapi kejadian-kejadian yang akan terjadi pada masa akan datang, akan berbeda keadaannya bila hal tersebut terjadi secara mendadak.

7. Membuka pintu harapan; karena di antara tanda-tanda hari kiamat adalah akan berjayanya Islam, ia akan tersebar ke seantero jagat, dan bahwasanya agama Yahudi serta Nasrani akan hancur; semua ini berdasarkan kabar gembira yang disampaikan oleh Nabi s.a.w akan kemenangan kaum muslimin, dan bahwasanya Islam akan berjaya, walaupun orang-orang kafir murka atasnya.

8. Pemuasan terhadap fitrah yang ada dalam diri manusia, yang mana selalu ingin mencari dan menemukan apa yang ghaib baginya, serta selalu ingin mengetahui apa yang akan terjadi pada masa mendatang. Dalam permasalahan ini, syariat mengungkapkan kabar-kabar benar dan pasti terjadi tentang hal-hal yang ghaib.

Apabila Islam menutup jalan bagi para pendusta yang mengaku bahwa dirinya dapat mengetahui perkara ghaib, baik itu paranormal, orang pintar, dukun, ataupun yang semisalnya. Namun dari wahyu yang Allah turunkan kita dapat mengetahui beberapa perkara yang akan terjadi pada masa datang, yaitu tanda-tanda hari kiamat.

9. Bahwa mempercayai tanda-tanda hari kiamat dapat memperkuat iman dan menambahnya semakin tebal; sebab terjadinya tanda-tanda tersebut merupakan penguat atas kebenaran agama yang anda peluk ini.

Dan lain sebagainya dari hasil-hasil yang dapat kita petik dalam kehidupan ini, dan yang penting semakin meningkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT. amien

Wallahu 'Alam







Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Situs

Online now

Show Post

Blog Archive