"Ungkapan pemikiran sederhana untuk pembenahan diri"

Minggu, 03 Juni 2012

Mutiara Ashabul Muslim

Berikut ini adalah syair nasehat dari ashabul muslimin, jika terdapat kesalahan berucap atau memberi nasehat penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mohon diberi kritik dan sarannya, semoga Allah senantiasa memberikan Rahmatnya kepada Junjungan Nabi kita Rasulullah SAW, sahabatnya, keluarganya dan umatnya yang senantiasa mengikuti ajarannya,amien.


1.    "Manusia yang ambisi dunia rela mengorbankan apa saja demi dunia bahkan agamanya, akan tetapi dunia itu semakin dikejar semakin menyulitkan pendambanya sampai lupa bahwa dia akan kembali kepada-Nya, lagipula hanya kesenangan sementara lagi semu justru derita yang didapat dan rugi diakhirat"(Ashabul_Muslim)

2.    "janganlah kau mengejar dan mengharapkan balasan kesenanangan didunia karena semakin dikejar semakin menjauhkankanmu dari bahagia dan tak ada sekecil manfaatpun kamu berlomba-lomba mencari kehidupan didunia melainkan kesengsaraan diakhirat"(Ashabul_Muslimin)


3.    "Perbaiki sikap sebelum berbicara, banyak bicara banyak dosa, diancam neraka"(Ashabul_Muslimin)

4.    "Lebih baik sekikit bicara tapi bermanfaat, daripada banyak bicara hanya sia-sia"(Ashabul_Muslimin)


5.    "Orang yang selalu memanjakan dirinya (tidak mau berusaha keras) hanya akan memperlemah kekuatan fisik dan kekuatan pikirannya"(Ashabul_muslimin)

6.    "Riya memakan amal seseorang seperti api memakan daun kering , tapi orang yang riya' tadi tidak merasa kalau semua amalnya hilang karena ulah lidahnya sendiri (suka membeberkan kepada orang lain)"(Ashabul_muslimin)

7.    "Kesombongan menghancurkan amal, dijauhi orang, melemahkan akal pikiran, menimbulkan penyakit hati lain Dan dosa paling besar kepada Allah SWT" (Ashabul_muslimin)

8.    "Tak ada tempat berpijak dilangit dan dibumi (sangat dibenci Allah SWT) bagi orang sombong (bangga dengan kelebihannya)"(Ashabul_Muslimin Voice)

9.    "Mengumpulkan harta benda dunia adalah seperti meminum air laut (air asin) semakin diminum semakin haus (semakin berusaha semakin kurang ) dan tak ada rasa segar sedikitpun (tak ada rasa bahagia sedikitpun) dan sifat rakus akan mengendalikannya, akhirnya kerugian kekal yang didapat, inilah permainan dunia, semakin kita bermain (berlomba-lomba dalam kemegahan dunia) semakin kita dipermainkan hingga lupa tujuan"(Ashabul_muslimin)

10. "Penderitaan (kesulitan hidup didunia) akan membuatmu sadar akan kehidupan, lebih dewasa, timbul rasa kepedulian, dan memperluas jalan pikiran , maka janganlah kamu takut penderitaan dunia karena hanya sementara, dan penderitaan akhirat itu kekal, sebagai balasan bagi manusia yang hanya mementingkan kesenangan sesaat dan melupakan akhirat"(Ashabul_muslimin)

11. "Manusia yang kuat adalah manusia yang bisa mengalahkan keinginannnya (mengalahkan godaaan) dari kesenangan dunia kepada wanita, harta, anaknya, perhiasannya dan lainnya (hidup sederhana tidak silau dengan dunia) demi tercapainya keinginannya bertemu Tuhannya (diakhirat) "(Ashabul_Muslimin)

12. "Ilmu itu diperoleh dari pengalaman dan menuntut pengamalan, Ilmu banyak tanpa pengamalan seperti memasukkan sesuatu kekeranjang yang berlubang (tidak berarti apapun), dan merupakan hal yang amat sia-sia"(Ashabul_Muslimin)

13. "tak usah berbangga dengan kelebihanmu dan ilmumu, karena sebesar apapun kelebihanmu takkan mampu menciptakan makhluk kecil seekor nyamukpun"(ashabul_muslimin)

14. "jagalah pandangan maka kau akan selamat, seperti urung dari sasaran tembak"(Ashabul_muslimin)

15. "Banyak bercanda hilang wibawa, mengeraskan hati, dan termasuk kaum yang celaka apalagi bercanda atas agama, siksa neraka menantinya" (Ashabul_muslimin)

16. "Dua lubang tubuh manusia yang bisa menjerumuskan sejauh barat dan timur kelubang neraka bila manusia tidak bisa menjaganya maka akan celaka, yaitu mulut dan kemaluannya"(Ashabul_Muslimin)

17. "Zaman Akhir, yang dipercaya yang suka berkhianat, yang dibenci yang jujur, yang berkuasa orang-orang jahat dan menindas orang lemah, umat manusia kehilangan arah dan tujuan hidupnya hanya menuruti hawa nafsu demi kesenangan dunia yang sementara".(Ashabul_Muslimin)

18. "Ciri Muslim yang disiplin adalah sholatnya tepat waktu dan waktunya hanya digunakan untuk yang bermanfaat, jika dia merasa tidak tepat waktu dia merasa amat rugi "(Ashabul_Muslimin)

19. "Memang didunia ini yang punya Ilmu itu banyak sekali, tapi yang istiqomah dalam  kebenaran hanya sedikit, lebih baik beramal sedikit tapi istiqomah daripada banyak beramal tapi cuma sekali"(Ashabul_Muslimin)

20. "Bagaimana cara menghindari perselisihan antar umat Islam yaitu mulailah dari diri kalian sendiri dengan tidak merasa benar sendiri, Instropeksi diri sebelum kalian menyalahkan orang lain, karena belum tentu yang kau anggap benar itu memang mutlak benar, dan sebaik-baik keadaan adalah sabar dalam perbedaan pendapat".(Ashabul_Muslim)


21. "Agama tak bisa dijual dengan seberapapun harta, hanya orang yang lemah jiwa dan lemah imannya yang menggadai Iman dengan harta dunia, Iman taruhannya nyawa, tak lepas Iman sebelum jiwa lepas juga dari badan, karena orang berIman tahu akan kesenangan dunia tak luput dari  setetes air di samudra luas".(Ashabul_Muslimin)

22. "Hindari berdebat..! Ilmu dicari untuk diamalkan bukan untuk diperdebatkan.. "! (Ashabul_Muslimin)

23. "Jangan menilai orang dari penampilan, penampilan bisa menipu,..! penampilan merupakan topeng yang kelihatan luarnya kita tak tahu dalamnya , tinjaulah hati dari segi akhlaqnya.! itulah wajah aslinya"(Ashabul_Muslimin)

24. "Manusia suka tertipu kecantikan ketampanan keindahan dari sisi luarnya padahal itu hanya topenk, sebenarnya wajah aslinya adalah dihatinya"(Ashabul_Muslimin)

25. "Pergaulan akan sangat berpengaruh pada kepribadian manusia maka
- Bergaul dengan orang kaya akan bertambah kikir dan cinta dunia
- bergaul dengan orang miskin akan bertambah rasa syukurnya.
- Bergaul dengan orang pandai akan bertambah ilmunya.
- Bergaul dengan orang bodoh akan bertambah kekonyolannya.
- Bergaul dengan wanita akan semakin besar hawa nafsunya (syahwat).
- Bergaul dengan anak-anak akan menjadi orang yang suka bermain.
- Bergaul dengan orang-orang shalih akan bertambah kedekatannya dengan Allah SWT.
maka setiap yang beriman kepada hari kemudian pastilah bisa memilih dengan siapa dia bergaul."(Ashabul_Muslimin)

26. "siapa saja yang mengumpat memvonis kafir kepada sesama muslim padahal yang dituduh masih memegang teguh kalimat tauhid maka bersiaplah kena bumerang kata "kafir" itu sendiri".(Ashabul_Muslim)

27. "setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan, yang tidak mau menerima kekurangan saudaranya(sesama muslim) sama juga dia bersikap menyombongkan diri, dia pikir hidup ini mampu dia jalani sendiri".(Ashabul_Muslimin)

28. "Maksiat yang sudah menjadi tradisi akan membuat pelakunya manganggap halal maksiat tersebut".(Ashabul_Muslimin)

29. "Berhati-hatilah dengan kecintaan kepada selain Allah dan Rasulnya, karena cinta terhadap sesuatu didunia, orang akan selalu menyebut-nyebutnya, mengingat-ingatnya, tergila-gila, bahkan kalau cinta tertolak atau tidak bisa mendapatkan apa yang dicintainya bisa berbuat nekad. sampai lupa diri  dan lupa akhirat. maka orang begini yang Tuhanmu murkai".(Ashabul_Muslim)

30. "Boros, dan pelit itu teman setan, hemat dan suka memberi dengan ikhlas itulah musuh setan".(Ashabul_Muslim)


31.   "Penyakit ganas dijaman akhir yang menimpa umat manusia dewasa ini adalah "cinta dunia dan takut mati. Berambisi cita-cita dunia tetapi lupa bahwa dia akan mati, padahal setiap yang berjiwa pasti akan mati, masihkah kita menunda taubat dan beramal salih?"(Ashabul_Muslim)

32. "Benar-benar wabah fitnah akhir zaman yang mengerikan dizaman ini adalah 
- orang pandai bicara (peramal, ahli filsafat, sosiolog, psikolog, ahli teknologi, dsb.) lebih disegani/dipercaya daripada ulama,
- semakin sedikit orang yang alim.
- banyak orang pandai yang justru malah terjerumus kepemikiran sesat,
- Amanah disisa-siakan dan sebagai sumber keuntungan materi semata, -
- anak-anak pendurhaka semakin banyak, 
- masjid hanya terlihat megah gedungnya namun sepi jama'ah.
- Islam hanya tinggal namanya karena umatnya walaupun percaya islam namun tak mau menerima islam yang benar secara keseluruhan.
- Al-Qur'an hanya tinggal tulisan karena banyak yang bisa membaca Al-Qur'an namun tak mau mengamalkan isi Al-Qur'an.
- Manusia berlomba-lomba mencari harta benda dan melupakan akhirat.
- Dan tak peduli darimana dia mendapatkan harta dari jalan yang halal atau haram.
- Perzinaan merjala lela dan sudah dianggap biasa, salah buktinya anak muda sekarang pacaran (zina mata, zina mulut dan zina tangan) dijalan-jalan dan tempat umum tanpa merasa malu bahkan sampai zina kemaluan tanpa malu.
- "Merajalelanya penyakit wahn (cinta dunia dan melupakan akhirat).
- Timbulnya perselisihan antar umat yang bergolong-golong, berorganisasi-organisasi, berforum-forum,dan masing-masing golongan merasa paling benar dan timbulah perselisihan dan perpecahan.
- Merajalelanya peminum arak / khmer dan menamainya dengan nama yang berbeda-beda.
- Perjudian subur dimana-mana dan dianggap halal.
- penyerupaan laki-laki mirip wanita, dan wanita meyerupai laki-laki.
- Bila kejahatan telah merata, dan seorang mukmin hanya bisa menundukkan muka, 
- dan lainnya terlalu banyak untuk disebutkan
(Ashabul_Muslimin : dari hadits Rasulullah SAW

"Yang paling benar diantara manusia adalah yang paling jujur dalam perkataan dan perbuatan, yang paling mulia adalah yang paling bertakwa, yang dekat dengan nabinya adalah yang selalu menjaga sunahnya dan menyantuni anak yatim,
yang paling dekat dengan Allah adalah orang yang selalu berdzikir dimanapun ia berada" (Ashabul_Muslimin)


"Dunia semakin dikejar semakin jauh semakin dicari semakin lari, semakin diburu semakin kabur, semakin berurusan dengan dunia semakin lelah badan dan pikirannya. maka apakah yang diuntungkan bagi pendamba dunia? "(Ashabul_Muslim)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Situs

Online now

Show Post

Blog Archive