"Ungkapan pemikiran sederhana untuk pembenahan diri"

Rabu, 06 Juni 2012

Manusia adalah Makhluk Sosial dan Makhluk Budaya

Oleh : Zainal Abidin, ST
(Guru SMPIT Binaaul Ummah - Bekasi )



Sebagai spesies, kita adalah makhluk sosial yang hidup di luar kehidupan kita di perusahaan manusia lainnya. Kami mengorganisir diri menjadi berbagai macam kelompok sosial, seperti band nomaden, desa, kota, dan negara, di mana kita bekerja, perdagangan, bermain, mereproduksi, dan berinteraksi dalam banyak cara lain. Tidak seperti spesies lain, kami menggabungkan sosialisasi dengan perubahan yang disengaja dalam perilaku sosial dan organisasi dari waktu ke waktu. Akibatnya, pola masyarakat manusia berbeda dari satu tempat ke tempat dan masa ke masa dan lintas budaya, membuat dunia sosial lingkungan yang sangat kompleks dan dinamis.

Wawasan ke dalam perilaku manusia berasal dari berbagai sumber. Pandangan yang disajikan di sini ditentukan berdasarkan penyelidikan ilmiah, tetapi juga harus diakui bahwa sastra, drama, sejarah, filsafat, dan disiplin ilmu non-ilmiah lainnya memberikan kontribusi yang signifikan pada pemahaman kita tentang diri kita sendiri. Para ilmuwan sosial mempelajari perilaku manusia dari berbagai perspektif budaya, politik, ekonomi, dan psikologis, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Mereka mencari pola konsisten dari perilaku individu dan sosial dan untuk penjelasan ilmiah dari pola-pola. Dalam beberapa kasus, pola tersebut mungkin tampak jelas sekali mereka menunjukkan, meskipun mereka tidak mungkin telah menjadi bagian dari bagaimana kebanyakan orang secara sadar berpikir tentang dunia. Dalam kasus lain, pola-seperti diungkapkan oleh penyelidikan ilmiah-mungkin menunjukkan orang-orang yang lama dipegang keyakinan mereka tentang aspek-aspek tertentu dari perilaku manusia tidak benar.

Bab ini mencakup rekomendasi tentang masyarakat manusia dalam hal perilaku individu dan kelompok, organisasi sosial, dan proses-proses perubahan sosial. Hal ini didasarkan pada pendekatan tertentu untuk subjek: dalam sketsa gambar yang dipahami dunia yang konsisten dengan temuan dari disiplin ilmu yang terpisah dalam ekonomi ilmu sosial-seperti antropologi, ilmu politik, sosiologi, dan psikologi-tapi tanpa mencoba untuk menggambarkan temuan sendiri atau metodologi yang mendasari.

Bab ini menggambarkan tujuh aspek kunci dari masyarakat manusia: efek budaya pada perilaku manusia, organisasi dan perilaku kelompok, proses-proses perubahan sosial, trade-off sosial, bentuk-bentuk organisasi politik dan ekonomi, mekanisme untuk menyelesaikan konflik antara kelompok-kelompok dan individu, dan nasional dan sistem sosial internasional. Meskipun banyak ide yang relevan dengan semua masyarakat manusia, bab ini berfokus terutama pada karakteristik sosial masa kini Amerika Serikat. Atas tombol



BUDAYA EFEK PADA PERILAKU

Perilaku manusia dipengaruhi baik oleh warisan genetik dan oleh pengalaman. Cara-cara di mana orang mengembangkan dibentuk oleh pengalaman sosial dan keadaan dalam konteks mewarisi potensi genetik mereka. Pertanyaan ilmiah adalah seberapa pengalaman dan berinteraksi potensi turun temurun dalam memproduksi perilaku manusia.

Setiap orang lahir dalam pengaturan komunitas-keluarga sosial dan budaya, kelas sosial, bahasa, agama-dan akhirnya mengembangkan hubungan sosial. Karakteristik setting sosial anak mempengaruhi bagaimana dia belajar untuk berpikir dan berperilaku, melalui instruksi, penghargaan dan hukuman, dan contoh. Pengaturan ini meliputi rumah, sekolah, lingkungan, dan juga, mungkin, agama setempat dan lembaga penegak hukum. Kemudian ada juga interaksi anak kebanyakan informal dengan teman-teman, rekan-rekan lainnya, kerabat, dan media hiburan dan berita. Bagaimana individu akan merespon semua pengaruh-pengaruh, atau bahkan yang pengaruh akan menjadi yang paling kuat, cenderung tidak bisa diprediksi. Ada, bagaimanapun, beberapa kesamaan substansial dalam bagaimana individu menanggapi pola yang sama dari pengaruh-yaitu, untuk dibesarkan dalam budaya yang sama. Selanjutnya, pola-pola perilaku kultural yang disebabkan, seperti pola bicara, bahasa tubuh, dan bentuk humor, menjadi begitu dalam tertanam dalam pikiran manusia bahwa mereka sering beroperasi tanpa individu itu sendiri sepenuhnya sadar mereka.

Setiap budaya termasuk web agak berbeda dari pola dan makna: cara mencari nafkah, sistem perdagangan dan pemerintah, peran sosial, agama, tradisi dalam pakaian dan makanan dan seni, harapan untuk perilaku, sikap terhadap budaya lain, dan keyakinan dan nilai-nilai tentang semua kegiatan ini. Dalam sebuah masyarakat besar, mungkin ada banyak kelompok, dengan subkultur yang berbeda jelas terkait dengan wilayah, asal etnis, atau kelas sosial. Jika sebuah budaya tunggal yang dominan di kawasan yang luas, nilai-nilainya dapat dianggap benar dan mungkin dipromosikan-tidak hanya oleh keluarga dan kelompok agama tetapi juga oleh sekolah dan pemerintah. Beberapa subkultur mungkin timbul di antara kategori sosial khusus (seperti eksekutif bisnis dan penjahat), beberapa yang dapat menyeberangi batas-batas nasional (seperti musisi dan ilmuwan).

Adil atau tidak adil, diinginkan atau tidak diinginkan, perbedaan sosial adalah bagian penting dari hampir setiap kebudayaan. Bentuk bervariasi dengan perbedaan tempat dan waktu, kadang-kadang termasuk kasta yang kaku, hirarki terkadang suku atau klan, kadang-kadang kelas sosial yang lebih fleksibel. Perbedaan kelas yang dibuat terutama atas dasar kekayaan, pendidikan, dan pekerjaan, tetapi mereka juga mungkin terkait dengan perbedaan subkultur lain, seperti gaun, dialek, dan sikap terhadap sekolah dan bekerja. Perbedaan-perbedaan ekonomi, politik, dan budaya diakui oleh hampir semua anggota masyarakat-dan dibenci oleh beberapa dari mereka.

Kelas di mana orang dilahirkan mempengaruhi apa bahasa, pola makan, selera, dan kepentingan mereka akan memiliki anak-anak, dan oleh karena itu mempengaruhi bagaimana mereka akan merasakan dunia sosial. Selain itu, kelas mempengaruhi apa tekanan dan peluang orang akan mengalami dan karenanya mempengaruhi apa jalan hidup mereka yang cenderung mengambil-termasuk sekolah, pekerjaan, pernikahan, dan standar hidup. Namun, banyak orang menjalani hidup sangat berbeda dari norma untuk kelas mereka.

Kemudahan yang seseorang dapat mengubah kelas sosial sangat bervariasi dengan waktu dan tempat. Sepanjang sebagian besar sejarah manusia, orang telah hampir pasti untuk hidup dan mati di kelas di mana mereka lahir. Zaman mobilitas ke atas terbesar terjadi ketika masyarakat telah melakukan usaha baru (misalnya, di wilayah atau teknologi) dan dengan demikian telah diperlukan lebih banyak orang di kelas yang lebih tinggi pekerjaan. Di beberapa bagian dunia saat ini, jumlah orang yang melarikan diri dari kemiskinan melalui kesempatan ekonomi atau pendidikan, sementara di bagian lain, peningkatan jumlah sedang miskin.

Apa yang dianggap perilaku manusia dapat diterima bervariasi dari budaya ke budaya dan dari periode waktu ke periode waktu. Setiap kelompok sosial yang berlaku umum rentang perilaku bagi para anggotanya, dengan mungkin beberapa standar khusus untuk sub kelompok, seperti orang dewasa dan anak-anak wanita dan pria, artis dan atlet. Perilaku yang tidak biasa dapat dianggap baik hanya lucu, atau tidak menyenangkan, atau punishably kriminal. Beberapa perilaku normal dalam satu budaya dapat dianggap tidak dapat diterima di negara lain. Misalnya, perilaku agresif kompetitif dianggap tidak sopan dalam budaya yang sangat kooperatif. Sebaliknya, dalam beberapa subkultur dari masyarakat yang sangat kompetitif, seperti yang dari Amerika Serikat, kurangnya minat dalam kompetisi dapat dianggap sebagai berada di luar langkah. Meskipun dunia memiliki keanekaragaman tradisi budaya, ada beberapa jenis perilaku (seperti inses, kekerasan terhadap kerabat, pencurian, dan pemerkosaan) yang dianggap tidak dapat diterima di hampir semua dari mereka.

Konsekuensi sosial dianggap tepat untuk perilaku tidak dapat diterima juga sangat bervariasi antara, dan bahkan di dalam, masyarakat yang berbeda. Hukuman berkisar penjahat dari denda atau penghinaan penjara atau pengasingan, dari pemukulan atau mutilasi untuk eksekusi. Bentuk hukuman yang tepat dipengaruhi oleh teori-teori tujuannya untuk mencegah atau menghalangi individu dari mengulangi kejahatan, atau untuk mencegah orang melakukan kejahatan, atau hanya untuk menyebabkan penderitaan untuk kepentingan diri sendiri dalam retribusi. Keberhasilan hukuman dalam kejahatan menghalangi sulit untuk belajar, sebagian karena keterbatasan etika pada percobaan menetapkan hukuman yang berbeda untuk penjahat yang sama, dan sebagian karena kesulitan memegang faktor lain konstan.

Teknologi telah lama memainkan peran utama dalam perilaku manusia. Nilai tinggi ditempatkan pada penemuan teknologi baru di banyak bagian dunia telah menyebabkan komunikasi yang semakin cepat dan murah dan perjalanan, yang pada gilirannya telah menyebabkan penyebaran yang cepat dari mode dan ide dalam pakaian, musik makanan,, dan bentuk rekreasi. Buku, majalah, radio, dan televisi menggambarkan cara untuk berpakaian, membesarkan anak, membuat uang, menemukan kebahagiaan, menikah, memasak, dan bercinta. Mereka juga secara implisit mempromosikan nilai-nilai, aspirasi, dan prioritas dengan cara mereka menggambarkan perilaku orang seperti anak, orangtua, guru, politisi, dan atlet, dan sikap terhadap mereka menampilkan kekerasan, seks, minoritas, peran pria dan wanita , dan keabsahan. Atas tombol


PERILAKU KELOMPOK

Selain milik pengaturan sosial dan budaya dimana mereka dilahirkan, orang-orang secara sukarela bergabung dengan kelompok berdasarkan pekerjaan bersama, keyakinan, atau kepentingan (seperti serikat, partai politik, atau klub). Keanggotaan dalam kelompok-kelompok ini mempengaruhi bagaimana orang berpikir tentang diri mereka sendiri dan bagaimana orang lain berpikir dari mereka. Kelompok-kelompok ini memaksakan harapan dan aturan yang membuat perilaku anggota lebih dapat diprediksi dan yang memungkinkan setiap kelompok untuk berfungsi dengan lancar dan mempertahankan identitasnya. Aturan mungkin informal dan disampaikan dengan contoh, seperti bagaimana berperilaku di arisan, atau mereka dapat ditulis aturan yang ketat. Kelompok formal sering sinyal jenis perilaku mereka mendukung dengan memberi imbalan (seperti pujian, hadiah, atau hak istimewa) dan hukuman (seperti ancaman, denda, atau penolakan).

Afiliasi dengan kelompok sosial, apakah seseorang bergabung secara sukarela atau dilahirkan ke dalamnya, membawa beberapa keuntungan dari nomor yang lebih besar: potensi sumber daya penyatuan (seperti uang atau tenaga kerja), upaya bersama (seperti pemogokan, boikot, atau suara), dan identitas dan pengakuan (seperti organisasi, emblem, atau perhatian dari media). Dalam setiap kelompok, sikap anggota ', yang sering menyertakan gambar dari kelompok mereka sebagai superior dari orang lain, membantu memastikan kohesi dalam kelompok tetapi juga dapat menimbulkan konflik serius dengan kelompok lain. Sikap terhadap kelompok lain yang cenderung melibatkan stereotip-memperlakukan semua anggota kelompok seolah-olah mereka adalah sama dan mengetahui dalam perilaku aktual orang-orang hanya kualitas-kualitas yang sesuai dengan prasangka pengamat. Prasangka sosial tersebut dapat mencakup hal buta untuk beberapa kategori orang, seperti dokter atau pendeta, serta tidak menghormati buta untuk kategori lain dari orang-orang yang, katakanlah, kelahiran luar negeri atau perempuan.

Perilaku kelompok tidak dapat dipahami semata-mata sebagai perilaku agregat individu. Hal ini tidak mungkin, misalnya, untuk memahami perang modern dengan menjumlahkan kecenderungan agresif individu. Seseorang bisa berperilaku sangat berbeda dalam mengatakan orang-, ketika pada pertandingan sepak bola, dengan ibadah, atau pada piket line-daripada ketika sendiri atau dengan anggota keluarga. Beberapa anak bersama-sama dapat vandalisme bangunan, meskipun tidak satupun dari mereka akan melakukannya pada nya atau sendiri. Dengan cara yang sama, orang dewasa sering akan lebih murah hati dan responsif terhadap kebutuhan orang lain sebagai anggota, katakanlah, kelompok klub atau religius daripada dia akan cenderung berada di swasta. Situasi kelompok memberikan manfaat persahabatan dan penerimaan untuk pergi bersama dengan aksi bersama dari kelompok dan membuat sulit untuk mencari kesalahan atau kredit untuk satu orang.

Organisasi sosial dapat melayani berbagai tujuan di luar yang yang mereka resmi ada. Klub swasta yang ada seolah-olah untuk rekreasi adalah tempat yang sering penting untuk melakukan transaksi bisnis; universitas yang secara formal ada untuk mempromosikan pembelajaran dan beasiswa dapat membantu untuk mempromosikan atau untuk mengurangi perbedaan kelas, dan bisnis dan organisasi keagamaan sering memiliki agenda politik dan sosial yang melampaui menghasilkan keuntungan atau melayani orang. Dalam banyak kasus, tujuan yang tak tertulis dari kelompok ini adalah untuk mengecualikan orang-orang dalam kategori tertentu dari mereka kegiatan-lain bentuk diskriminasi. Atas tombol

PERGANTIAN SOSIAL

Masyarakat, seperti spesies, berkembang dalam arah yang dibuka atau dibatasi sebagian oleh kekuatan internal seperti perkembangan teknologi atau tradisi politik. Kondisi satu batas generasi dan membentuk berbagai kemungkinan terbuka untuk berikutnya. Di satu sisi, setiap generasi baru belajar bentuk budaya masyarakat dan dengan demikian tidak perlu menemukan kembali strategi untuk memproduksi makanan, penanganan konflik, mendidik orang muda, pemerintahan, dan sebagainya. Hal ini juga belajar untuk bagaimana aspirasi masyarakat dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Di sisi lain, setiap generasi baru harus mengatasi masalah yang belum terselesaikan dari generasi sebelumnya: ketegangan yang dapat menyebabkan perang, skala luas penyalahgunaan narkoba, kemiskinan dan kekurangan, rasisme, dan berbagai keluhan pribadi dan kelompok. Perbudakan dalam sejarah awal Amerika Serikat, misalnya, masih memiliki konsekuensi serius bagi Afrika-Amerika dan bagi ekonomi AS, pendidikan, perawatan kesehatan, dan sistem peradilan pada umumnya. Keluhan dapat lega hanya cukup untuk membuat orang mentolerir mereka, atau mereka mungkin meluap ke dalam revolusi melawan struktur masyarakat itu sendiri. Banyak masyarakat terus melanggengkan berabad-abad perselisihan dengan orang lain atas batas, agama, dan sangat terasa keyakinan tentang kesalahan masa lalu.

Pemerintah umumnya mencoba untuk insinyur perubahan sosial melalui kebijakan, hukum, insentif, atau pemaksaan. Kadang-kadang upaya bekerja secara efektif dan benar-benar memungkinkan untuk menghindari konflik sosial. Di lain waktu mereka bisa memicu konflik. Misalnya, mendirikan komune pertanian di Uni Soviet terhadap keinginan petani untuk menanam lahan pribadi mereka dicapai hanya dengan kekuatan bersenjata dan hilangnya jutaan jiwa. Pembebasan budak di Amerika Serikat datang hanya sebagai salah satu konsekuensi dari perang sipil berdarah, seratus tahun kemudian, penghapusan segregasi rasial eksplisit dicapai di beberapa tempat hanya dengan menggunakan tindakan legislatif, perintah pengadilan, dan militer bersenjata penjaga-dan terus menjadi masalah sosial besar.

Faktor eksternal-termasuk perang, migrasi, dominasi kolonial, ide diimpor, teknologi, atau wabah penyakit, dan bencana alam-juga membentuk cara di mana setiap masyarakat berkembang. Prospek dari Uni Soviet, misalnya, sangat dipengaruhi oleh kerugian yang menghancurkan itu menderita di kedua perang dunia. Masyarakat-masyarakat Indian Amerika yang hancur dan terlantar akibat penyakit dan peperangan yang dibawa oleh penjajah dari Eropa. Di Amerika Serikat, impor paksa Afrika dan gelombang berturut-imigran dari Eropa, Amerika Latin, dan Asia telah sangat mempengaruhi sistem politik, ekonomi, dan sosial (seperti tenaga kerja, blok suara, dan program pendidikan), serta menambahkan untuk berbagai budaya bangsa. Bencana alam seperti badai atau kekeringan dapat menyebabkan kegagalan panen, membawa penderitaan dan kelaparan, dan kadang-kadang migrasi atau revolusi.

Komunikasi yang nyaman dan transportasi juga merangsang perubahan sosial. Grup sebelumnya terisolasi secara geografis atau politik menjadi lebih sadar cara berpikir yang berbeda, hidup, dan berperilaku, dan kadang-kadang keberadaan jauh standar yang berbeda hidup. Migrasi dan media massa menyebabkan tidak hanya untuk pencampuran budaya tetapi juga kepunahan beberapa budaya dan evolusi cepat dari orang lain. Mudah seluruh dunia komunikasi dan konfrontasi kekuatan transportasi nilai-nilai dan harapan-kadang sengaja sebagai propaganda, kadang-kadang hanya kebetulan, seperti dalam mengejar kepentingan komersial.

Ukuran populasi manusia, konsentrasi di tempat-tempat tertentu, dan pola pertumbuhannya dipengaruhi oleh pengaturan fisik dan oleh banyak aspek budaya: ekonomi, politik, teknologi, sejarah, dan agama. Menanggapi kekhawatiran ekonomi, pemerintah nasional menetapkan kebijakan-beberapa sangat berbeda untuk mengurangi pertumbuhan penduduk, beberapa untuk meningkatkannya. Beberapa kelompok agama juga mengambil sikap yang kuat pada isu-isu populasi. Para pemimpin gereja Katolik Roma, misalnya, telah lama berkampanye melawan kontrol kelahiran, sedangkan, dalam beberapa tahun terakhir, tokoh agama dari agama besar lain telah mendukung penggunaan kontrasepsi untuk membatasi ukuran keluarga.
Terlepas dari kebijakan pemerintah atau doktrin agama, banyak orang memutuskan apakah akan memiliki anak atas dasar hal-hal praktis seperti risiko kesehatan untuk ibu, nilai atau biaya anak dalam hal ekonomi atau sosial, jumlah ruang hidup , atau perasaan pribadi kesesuaian sebagai orang tua. Di beberapa bagian dunia-dan dalam kelompok berpendidikan rendah di negara-pasangan memiliki sedikit pengetahuan, atau akses ke, modern lahir kontrol informasi dan teknologi. Di Amerika Serikat, kecenderungan menuju kasual hubungan seksual remaja telah menyebabkan peningkatan jumlah kehamilan yang tidak diharapkan dan tidak diinginkan.

Pada gilirannya, sistem sosial dipengaruhi oleh populasi-nya ukuran, laju perubahannya, dan proporsinya orang dengan karakteristik yang berbeda (seperti usia, jenis kelamin, dan bahasa). Peningkatan besar dalam jumlah penduduk membutuhkan spesialisasi kerja yang lebih besar, tanggung jawab pemerintah yang baru, jenis baru dari lembaga, dan kebutuhan untuk menyusun suatu distribusi yang lebih kompleks sumber daya. Pola Penduduk, terutama ketika mereka berubah, juga berpengaruh dalam mengubah prioritas sosial. Semakin besar berbagai subkultur, semakin beragam ketentuan yang harus dibuat untuk mereka. Sebagai ukuran kenaikan kelompok sosial, sehingga mungkin pengaruhnya terhadap masyarakat. Pengaruh tersebut dapat melalui pasar (seperti anak muda yang, sebagai kelompok, membeli peralatan yang lebih atletik), hak suara (misalnya, orang tua cenderung memilih untuk undang-undang sekolah obligasi), atau pengakuan oleh para perencana kebutuhan sosial ( misalnya, lebih banyak ibu yang bekerja di luar rumah akan memerlukan perawatan anak program). Atas tombol

SOSIAL PERDAGANGAN-OFFS

Pilihan di antara alternatif manfaat dan biaya yang tidak dapat dihindari bagi individu atau kelompok. Untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan atau butuhkan, biasanya perlu untuk memberikan sesuatu yang sudah kita miliki, atau paling tidak menyerah kesempatan untuk telah mendapatkan sesuatu yang lain sebagai gantinya. Sebagai contoh, banyak masyarakat menghabiskan secara keseluruhan pada pemerintah yang didanai proyek-proyek seperti jalan raya dan sekolah, semakin sedikit bisa Anda pakai untuk pertahanan (jika sudah memutuskan untuk tidak meningkatkan pendapatan atau utang).

Sosial trade-off tidak selalu ekonomi atau materi. Kadang-kadang mereka muncul dari pilihan antara hak pribadi dan kepentingan publik: hukum tentang merokok di tempat umum, membersihkan setelah hewan peliharaan, dan batas jalan raya kecepatan, misalnya, membatasi kebebasan individu dari beberapa orang untuk kepentingan orang lain. Atau pilihan mungkin timbul antara estetika dan utilitas. Sebagai contoh, sebuah kompleks apartemen skala besar yang diusulkan dapat diterima oleh calon penyewa tetapi ditentang oleh orang yang sudah hidup di lingkungan.

Orang yang berbeda memiliki ide yang berbeda tentang bagaimana trade-off harus dilakukan, yang dapat mengakibatkan kompromi atau perselisihan melanjutkan. Betapa berbedanya kepentingan dilayani sering tergantung pada jumlah relatif dari sumber daya atau kekuasaan yang dipegang oleh individu atau kelompok. Upaya damai pada perubahan sosial yang paling berhasil bila masyarakat yang terkena dampak termasuk dalam perencanaan, ketika informasi tersedia dari semua ahli yang relevan, dan ketika nilai-nilai dan perebutan kekuasaan yang jelas dipahami dan dimasukkan ke dalam proses pengambilan keputusan.
Sering kali ada pertanyaan apakah suatu pengaturan saat ini harus ditingkatkan atau apakah suatu pengaturan yang sama sekali baru harus diciptakan. Di satu sisi, berulang kali menambal situasi bermasalah dapat membuatnya hanya lumayan cukup bahwa perubahan berskala besar dari masalah yang mendasari tidak pernah dilakukan. Di sisi lain, bergegas untuk mengganti setiap sistem yang memiliki masalah mungkin menimbulkan lebih banyak masalah daripada memecahkan.

Sulit untuk membandingkan potensi manfaat alternatif sosial. Salah satu alasannya adalah bahwa tidak ada ukuran umum untuk berbagai bentuk yang baik-misalnya, ada ukuran dimana kekayaan dan keadilan sosial dapat dibandingkan secara langsung. Alasan lain adalah bahwa kelompok orang yang berbeda menempatkan nilai-nilai sangat berbeda bahkan pada jenis yang sama sosial yang baik-misalnya, pada pendidikan umum atau upah minimum. Dalam populasi yang sangat besar, perbandingan nilai yang lebih rumit oleh fakta bahwa persentase yang sangat kecil dari populasi dapat sejumlah besar orang. Misalnya, dalam total populasi 100 juta, kenaikan tingkat pengangguran hanya seperseratus dari 1 persen (yang sebagian orang akan menganggap sepele kecil) akan berarti hilangnya 10.000 pekerjaan (yang orang lain akan menganggap sangat serius) .

Hukum konsekuensi dalam perdagangan off-sosial cenderung melibatkan isu-isu lain juga. Salah satunya adalah efek jarak: Semakin jauh di kejauhan atau lebih jauh dalam waktu konsekuensi dari keputusan, semakin kurang penting yang mungkin kita berikan kepada mereka. Penduduk kota, misalnya, cenderung untuk mendukung nasional tanaman dukungan legislasi daripada petani, dan petani mungkin tidak ingin memiliki dolar federal pajak membayar dalam kota proyek perumahan. Sebagai individu, kita merasa sulit untuk melawan kesenangan segera bahkan jika konsekuensi jangka panjang cenderung negatif, atau untuk bertahan sebuah ketidaknyamanan langsung untuk manfaat akhirnya. Sebagai masyarakat, sama, kita cenderung mementingkan lebih untuk manfaat langsung (seperti cepat menggunakan sampai minyak kita dan deposit mineral) daripada konsekuensi jangka panjang (kekurangan kita atau keturunan kita mungkin menderita kemudian).

Pengaruh jarak dalam menilai trade-off sosial sering ditambah dengan ketidakpastian tentang apakah potensi biaya dan manfaat akan terjadi sama sekali. Kadang-kadang adalah mungkin untuk memperkirakan probabilitas hasil yang mungkin beberapa keputusan-untuk sosial misalnya, bahwa hubungan seksual tanpa hasil pengendalian kelahiran pada kehamilan sekitar satu waktu dari empat. Jika tindakan nilai relatif juga dapat ditempatkan pada semua hasil yang mungkin, probabilitas dan ukuran nilai dapat dikombinasikan untuk memperkirakan alternatif mana yang akan menjadi taruhan terbaik. Tetapi bahkan ketika kedua probabilitas dan ukuran nilai yang tersedia, mungkin ada perdebatan tentang bagaimana untuk menaruh informasi bersama-sama. Orang mungkin begitu takut beberapa risiko tertentu, misalnya, bahwa mereka bersikeras bahwa itu dikurangi sebagai mendekati nol mungkin, terlepas dari apa manfaat atau risiko lain yang terlibat.

Dan akhirnya, keputusan tentang alternatif sosial biasanya rumit oleh fakta bahwa orang reaktif. Ketika sebuah program sosial yang dilakukan untuk mencapai beberapa efek yang diinginkan, para cipta orang dalam mempromosikan atau menolak efek yang akan selalu menambah ketidakpastian hasilnya. Atas tombol


POLITIK DAN EKONOMI SISTEM

Di sebagian besar negara di dunia, nasional kuasa dan otoritas yang dialokasikan untuk berbagai individu dan kelompok melalui politik, biasanya dengan cara kompromi antara kepentingan yang bertentangan. Melalui politik, pemerintah dipilih atau diangkat, atau, dalam beberapa kasus, yang diciptakan oleh kekuatan bersenjata. Pemerintah memiliki kekuasaan untuk membuat, menafsirkan, dan menegakkan aturan dan keputusan yang menentukan bagaimana negara dijalankan.

Aturan-aturan yang membuat pemerintah mencakup berbagai macam kegiatan manusia, termasuk perdagangan, pendidikan, pernikahan, perawatan kesehatan, pekerjaan, dinas militer, agama, perjalanan, penelitian ilmiah, dan pertukaran ide. Sebuah nasional pemerintah-atau, dalam beberapa kasus, pemerintah negara bagian atau lokal yang biasanya diberikan tanggung jawab untuk layanan yang individu atau organisasi swasta diyakini tidak dapat melakukan dengan baik diri mereka sendiri. Konstitusi Amerika Serikat, misalnya, mengharuskan pemerintah federal untuk melakukan hanya beberapa fungsi seperti: pengiriman surat, pengambilan sensus, pertahanan minting uang, dan militer. Namun, peningkatan ukuran dan kompleksitas masyarakat AS telah menyebabkan ekspansi besar kegiatan pemerintah.

Hari ini, pemerintah federal terlibat langsung dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesejahteraan, hak sipil, penelitian ilmiah, prediksi cuaca, transportasi, pelestarian sumber daya nasional seperti taman nasional, dan banyak lagi. Keputusan tentang tanggung jawab yang nasional, negara, dan pemerintah daerah harus memiliki dinegosiasikan di kalangan pejabat pemerintah, yang dipengaruhi oleh konstituensi mereka dan dengan pusat kekuasaan seperti perusahaan, militer, kepentingan pertanian, dan serikat buruh.

Sistem politik dan ekonomi negara-negara berbeda dalam banyak hal, termasuk sarana harga barang dan jasa; sumber modal untuk usaha baru, pemerintah diatur batasan pada keuntungan; pengumpulan, pengeluaran, dan mengendalikan uang, dan hubungan dari manajer dan pekerja satu sama lain dan kepada pemerintah. Sistem politik suatu negara sangat erat terkait dengan sistem ekonomi, wasit kegiatan ekonomi individu dan kelompok di setiap tingkatan.

Hal ini berguna untuk berpikir dari ekonomi suatu negara sebagai cenderung menuju satu atau yang lain dari dua model teoritis utama. Pada satu ekstrim teoritis adalah sistem kapitalis murni, yang mengasumsikan bahwa persaingan bebas menghasilkan alokasi terbaik dari sumber daya yang langka, produktivitas dan efisiensi terbesar, dan biaya terendah. Keputusan tentang siapa mengerjakan apa dan siapa mendapat apa yang dibuat secara alami sebagai konsumen dan bisnis berinteraksi di pasar, dimana harga-harga sangat dipengaruhi oleh berapa banyak biaya untuk membuat sesuatu atau melakukan dan berapa banyak orang bersedia membayar untuk itu. Kebanyakan perusahaan yang diprakarsai oleh individu atau kelompok sukarela orang. Ketika sumber daya lebih banyak dibutuhkan daripada yang tersedia untuk satu orang (seperti untuk membangun pabrik), mereka dapat diperoleh dari orang lain, baik dengan mengambil pinjaman dari bank atau dengan menjual saham kepemilikan bisnis untuk orang lain. Motivasi pribadi tinggi untuk bersaing membutuhkan kepemilikan pribadi atas sumber daya produktif (seperti tanah, pabrik, dan kapal) dan campur tangan pemerintah minimal dengan produksi atau perdagangan. Menurut teori kapitalis, inisiatif individu, bakat, dan kerja keras dihargai dengan kesuksesan dan kekayaan, dan hak-hak politik dan ekonomi individu dilindungi.

Pada ekstrem teoritis lainnya adalah sistem murni sosialis, yang menganggap bahwa alokasi paling bijaksana dan paling adil sumber daya dicapai melalui perencanaan pemerintah dari apa yang diproduksi dan siapa yang mendapatkannya berapa biayanya. Kebanyakan perusahaan yang diprakarsai dan dibiayai oleh pemerintah. Semua sumber daya produksi dimiliki oleh negara, dengan asumsi bahwa kepemilikan pribadi menyebabkan keserakahan dan mengarah pada eksploitasi pekerja oleh pemilik. Menurut teori sosialis, orang berkontribusi pekerjaan mereka dan bakat untuk masyarakat bukan untuk keuntungan pribadi tapi untuk kebaikan sosial, dan pemerintah memberikan manfaat bagi seseorang dengan baik, atas dasar kebutuhan relatif mereka, bukan bakat mereka dan usaha. Kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dianggap sebagai lebih penting daripada hak-hak perorangan.

Namun demikian, tak satu pun negara dengan sistem ekonomi di kedua kapitalis atau sosialis ekstrim, melainkan negara-negara di dunia memiliki setidaknya beberapa elemen dari keduanya. Seperti campuran dimengerti dalam hal praktis.

Dalam sistem kapitalis murni, di satu sisi, persaingan jarang bebas karena untuk setiap satu sumber daya, produk, atau layanan, perusahaan besar atau beberapa serikat cenderung memonopoli pasar dan biaya lebih dari persaingan terbuka akan memungkinkan. Diskriminasi berdasarkan sikap sosial ekonomi yang tidak relevan (misalnya, terhadap kelompok minoritas dan perempuan, mendukung teman dan kerabat) lebih lanjut mendistorsi ideal persaingan bebas. Dan bahkan jika sistem efisien, cenderung membuat beberapa orang sangat kaya dan beberapa sangat miskin. Dengan demikian, Amerika Serikat, misalnya, mencoba untuk membatasi efek ekstrim pada dasarnya sistem ekonomi kapitalis dengan rata-rata intervensi pemerintah selektif dalam sistem pasar bebas. Intervensi ini termasuk tarif pajak yang meningkat dengan kekayaan; asuransi pengangguran, asuransi kesehatan; kesejahteraan dukungan bagi masyarakat miskin, undang-undang yang membatasi kekuasaan ekonomi atas perusahaan satu; regulasi perdagangan di antara negara, pemerintah pembatasan iklan yang tidak adil, produk yang tidak aman, dan kerja diskriminatif, dan pemerintah subsidi pertanian dan industri.

Di sisi lain, ekonomi sosialis murni, bahkan meskipun mungkin lebih adil, cenderung ke arah inefisiensi dengan mengabaikan inisiatif individu dan dengan mencoba untuk merencanakan setiap detail dari perekonomian nasional secara keseluruhan. Tanpa beberapa keunggulan dalam manfaat untuk memotivasi usaha rakyat, produktivitas cenderung rendah. Dan tanpa individu memiliki kebebasan untuk membuat keputusan sendiri, jangka pendek variasi dalam penawaran dan permintaan sulit untuk menanggapi. Selain itu, ekonomi bawah tanah bermunculan untuk mencocokkan realitas penawaran dan permintaan untuk produk konsumen. Oleh karena itu, sistem sosialis banyak memungkinkan beberapa ukuran kompetisi terbuka dan mengakui pentingnya inisiatif individu dan kepemilikan. Sebagian besar ekonomi di seluruh dunia saat ini sedang mengalami perubahan-beberapa mengadopsi kebijakan yang lebih kapitalis dan praktek, dan lainnya mengadopsi yang lebih sosialis. Atas tombol


KONFLIK SOSIAL

Ada konflik dalam semua masyarakat manusia, dan semua masyarakat memiliki sistem untuk mengatur itu. Konflik antara orang-orang atau kelompok sering muncul dari kompetisi untuk sumber daya, kekuasaan, dan status. Anggota keluarga bersaing untuk mendapatkan perhatian. Individu bersaing untuk pekerjaan dan kekayaan. Bangsa bersaing untuk wilayah dan prestise. Kelompok kepentingan yang berbeda bersaing untuk pengaruh dan kekuasaan untuk membuat aturan. Seringkali kompetisi tidak untuk sumber daya tetapi untuk ide-satu orang atau kelompok ingin memiliki ide atau perilaku kelompok lain ditekan, dihukum, atau dinyatakan ilegal.

Perubahan sosial dapat ampuh dalam membangkitkan konflik. Jarang jika pernah adalah perubahan sosial, ekonomi, atau politik yang diusulkan mungkin untuk mendapatkan keuntungan setiap komponen dari suatu sistem sosial yang sama, dan kelompok yang melihat diri mereka sebagai pecundang mungkin menolak. Reksa permusuhan dan kecurigaan yang diperparah oleh ketidakmampuan kedua pendukung dan penentang perubahan untuk memprediksi meyakinkan apa semua efek akan membuat perubahan atau tidak membuatnya. Konflik sangat akut ketika hanya ada beberapa alternatif tanpa kompromi mungkin-misalnya, antara menyerah dan perang atau antara calon A dan calon B. Meskipun masalah mungkin rumit dan orang mungkin tidak awalnya sangat berjauhan dalam persepsi mereka, kebutuhan untuk memutuskan salah satu cara atau yang lain dapat mendorong orang ke dalam posisi ekstrim untuk mendukung keputusan mereka untuk yang alternatif adalah lebih baik.

Dalam kelompok keluarga dan masyarakat kecil, hukum yang ditetapkan oleh otoritas yang diakui, seperti orang tua atau sesepuh. Namun hampir semua kelompok-dari fakultas universitas untuk pramuka lokal tentara-telah diformalkan prosedur untuk membuat aturan dan menengahi perselisihan. Pada skala yang lebih besar, pemerintah menyediakan mekanisme untuk menangani konflik dengan membuat hukum maupun menjalankannya. Dalam demokrasi, sistem politik arbitrates konflik sosial melalui pemilu. Calon kantor mengiklankan niat mereka untuk membuat dan memodifikasi aturan, dan orang-orang memilih siapa pun mereka percaya memiliki kombinasi terbaik dari niat dan kesempatan terbaik untuk secara efektif membawa mereka keluar. Tapi kebutuhan untuk membuat trade-off kompleks sosial cenderung untuk mencegah politisi dari mencapai semua niat mereka ketika di kantor.

Keinginan untuk kebebasan penuh untuk datang dan pergi sesuka hati, membawa senjata, dan mengatur demonstrasi mungkin bertentangan dengan keinginan untuk keamanan publik. Keinginan untuk tegas, pengambilan keputusan yang efisien membuat-secara ekstrim, konflik kediktatoran-mungkin dengan keinginan untuk umum partisipasi-secara ekstrim, demokrasi di mana semua orang suara pada segala sesuatu. Penciptaan hukum dan kebijakan biasanya melibatkan kompromi rumit dinegosiasikan antara kelompok kepentingan yang beragam. Kelompok kecil orang dengan kepentingan khusus yang mereka anggap sangat penting mungkin dapat membujuk anggotanya untuk memilih atas dasar bahwa masalah tunggal dan dengan demikian menuntut konsesi dari mayoritas lebih menyebar.

Bahkan ketika sebagian besar orang dalam masyarakat setuju pada keputusan sosial, minoritas yang tidak setuju mungkin memiliki perlindungan. Dalam sistem politik AS, misalnya, pemerintah federal dan negara memiliki konstitusi yang menetapkan hak-hak bagi warga yang tidak dapat diubah oleh pejabat terpilih tidak peduli seberapa besar mayoritas mendukung para pejabat. Perubahan konstitusi yang biasanya membutuhkan mayoritas super, dari dua pertiga atau tiga perempat dari semua pemilih, bukan hanya lebih besar dari satu-setengah.

Salah satu strategi untuk minoritas politik untuk bergabung, setidaknya untuk sementara, dengan kelompok kecil lainnya yang memiliki kepentingan sebagian serupa. Sebuah koalisi minoritas kecil mungkin dapat memberikan pengaruh yang cukup besar. Sebuah koalisi minoritas bahkan bisa menjadi mayoritas, selama kepentingan bersama mereka lebih besar daripada perbedaan mereka.

Sebuah perlindungan yang sama hak-hak politik ini disediakan oleh sistem dua rumah di legislatif federal dan legislatif negara bagian di paling. Dalam Kongres, misalnya, majelis rendah memiliki perwakilan dalam proporsi populasi, sehingga setiap warga negara di negara ini sama-sama diwakili. Namun, majelis tinggi memiliki tepat dua anggota dari setiap negara, terlepas dari yang populasi sehingga memastikan bahwa warga negara manapun, bagaimanapun kecil, memiliki representasi sama dengan negara lain, bagaimanapun besar.

Selain itu, masyarakat telah mengembangkan cara-cara informal banyak ditayangkan konflik, termasuk perdebatan, pemogokan, demonstrasi, jajak pendapat, iklan, dan bahkan drama, lagu, dan kartun. Media massa menyediakan sarana gratis untuk (dan bahkan dapat mendorong) kelompok kecil orang dengan keluhan untuk membuat pernyataan publik sangat terlihat. Salah satu cara dan sarana baik dapat melepaskan ketegangan dan mempromosikan kompromi atau terangsang dan selanjutnya polarisasi perbedaan. Kegagalan untuk menyelesaikan atau sampai sedang konflik mengarah ke stres yang luar biasa pada sistem sosial. Ketidakmampuan atau keengganan untuk berubah dapat mengakibatkan tingkat yang lebih tinggi dari konflik: tuntutan hukum, sabotase, kekerasan, atau skala penuh revolusi atau perang.

Antarkelompok konflik, sah atau sebaliknya, tidak selalu berakhir ketika salah satu segmen masyarakat akhirnya berhasil mempengaruhi keputusan untuk mendukungnya. Kelompok menolak maka akan meluncurkan upaya untuk membalikkan, mengubah, atau menghindari perubahan, dan sehingga konflik terus berlanjut. Konflik bisa, bagaimanapun, juga memperkuat aksi kelompok; kedua negara dan keluarga cenderung lebih bersatu selama masa krisis. Kadang-kadang pemimpin kelompok menggunakan pengetahuan ini sengaja untuk memprovokasi konflik dengan kelompok luar, sehingga mengurangi ketegangan dan mengkonsolidasikan dukungan dalam kelompok mereka sendiri. Atas tombol


BUDAYA SALING KETERGANTUNGAN

Bangsa dan budaya semakin tergantung pada satu sama lain melalui sistem ekonomi internasional dan masalah lingkungan bersama (misalnya efek global perang nuklir, deforestasi, dan hujan asam). Mereka juga mempelajari lebih lanjut tentang satu sama lain melalui perjalanan internasional dan penggunaan media massa. Lebih dan lebih, sistem global menjadi web erat di mana perubahan dalam salah satu bagian dari web memiliki efek signifikan pada orang lain. Misalnya, konflik lokal menyebar ke luar perbatasan mereka untuk melibatkan negara lain; pasokan minyak berfluktuasi mempengaruhi produktivitas ekonomi, saldo perdagangan, suku bunga, dan lapangan kerja di seluruh dunia. Kekayaan, keamanan, dan kesejahteraan umum dari hampir semua negara saling terkait. Ada kesepakatan yang berkembang di antara para pemimpin negara yang paling bahwa kebijakan isolasionis tidak lagi berkelanjutan dan bahwa isu-isu global seperti mengendalikan penyebaran senjata nuklir dan melindungi sistem moneter dunia dari fluktuasi liar hanya bisa dicapai oleh semua bangsa bertindak dalam konser.

Bangsa berinteraksi melalui berbagai pengaturan formal dan informal. Yang formal termasuk hubungan diplomatik, aliansi militer dan ekonomi, dan organisasi global seperti PBB dan Bank Dunia. Tidak seperti pemerintah nasional, namun, organisasi global seringkali hanya memiliki wewenang terbatas terhadap anggota mereka. Pengaturan lainnya termasuk pertukaran budaya, aliran wisatawan, pertukaran mahasiswa, perdagangan internasional, dan kegiatan organisasi non pemerintah dengan keanggotaan di seluruh dunia (seperti Amnesty International, anti-kelaparan kampanye, Palang Merah, dan organisasi olahraga).

Kekayaan suatu bangsa tergantung pada usaha dan keterampilan pekerja, sumber daya alam, dan modal dan teknologi yang tersedia untuk untuk memanfaatkan keterampilan dan sumber daya. Namun kekayaan nasional tidak hanya tergantung pada seberapa banyak suatu bangsa dapat menghasilkan untuk dirinya sendiri tetapi juga pada keseimbangan antara berapa banyak produk yang dicari oleh negara lain dan berapa banyak produk bangsa lain 'itu berusaha. Perdagangan internasional tidak menghasilkan hanya dari negara-negara kurang sumber daya tertentu atau produk, seperti minyak atau tanaman berbagai makanan atau mobil efisien. Bahkan jika suatu negara dapat memproduksi segala yang dibutuhkan dengan sendirinya, masih manfaat dari perdagangan dengan negara lain. Jika suatu negara melakukan hal yang memang paling efisien (dari segi baik kualitas atau biaya, atau keduanya) dan menjual produknya ke negara lain, sistem tersebut secara teoritis memungkinkan semua negara peserta untuk keluar ke depan.

Namun demikian, pengaruh praktis yang mendistorsi realitas ekonomi perdagangan internasional. Misalnya, perdagangan tersebut dapat digagalkan oleh ketakutan eksploitasi oleh negara-negara yang lebih kuat secara ekonomi atau politik, oleh keinginan untuk melindungi kelompok-kelompok khusus pekerja yang akan kalah dengan persaingan ekonomi asing, dan oleh keengganan untuk menjadi tergantung pada negara asing dengan pasti produk yang bisa menjadi tidak tersedia dalam kasus konflik di masa mendatang.

Karena meningkatnya hubungan internasional, perbedaan antara kebijakan internasional dan kebijakan dalam negeri mungkin tidak jelas dalam banyak kasus. Misalnya, kebijakan yang menentukan apa jenis mobil atau pakaian yang kita beli, dan berapa harga, didasarkan pada perdagangan luar negeri dan neraca pembayaran internasional. Produksi pertanian di rumah tergantung pada pasar luar negeri serta kebijakan domestik. Meskipun pasar internasional mungkin menguntungkan bagi semua negara, mereka mungkin sangat untuk merugikan kelompok masyarakat tertentu dalam negara. Produksi mobil murah di negara-negara Asia, misalnya, dapat mengambil manfaat pembeli mobil di seluruh dunia tetapi juga dapat menempatkan mobil di negara lain kehilangan pekerjaan. Kebijakan dalam negeri sehingga mungkin diperlukan untuk menghindari kesulitan bagi kelompok-kelompok tersebut; kebijakan tersebut pada gilirannya akan mempengaruhi perdagangan internasional. Bangsa dengan konsensus internal yang kuat pada ideologi-ideologi mereka sendiri agama atau politik dapat mengejar kebijakan luar negeri yang agresif mempromosikan penyebaran ideologi-ideologi seperti di negara lain dan merusak kelompok dengan ide-ide yang bersaing.

Saling ketergantungan yang tumbuh di dunia sosial, ekonomi, dan sistem ekologi membuatnya sulit untuk memprediksi konsekuensi dari keputusan sosial. Perubahan mana pun di dunia dapat telah diperkuat efek di tempat lain, dengan manfaat meningkat menjadi beberapa orang dan biaya meningkat menjadi orang lain. Ada juga kemungkinan beberapa perubahan menghasilkan ketidakstabilan dan ketidakpastian yang untuk merugikan semua. Stabilitas di seluruh dunia mungkin tergantung pada negara-negara membangun sistem yang lebih dapat diandalkan dalam melakukan bisnis dan bertukar informasi, mengembangkan mekanisme pemantauan untuk memperingatkan bencana global (seperti kelaparan dan perang nuklir), dan mengurangi kesenjangan besar dalam standar hidup antara kaya dan miskin bangsa. Bangsa, seperti semua peserta dalam sistem sosial, kadang-kadang menemukan untuk keuntungan mereka untuk menderita beberapa kerugian jangka pendek untuk mencapai jangka panjang manfaat dari ekonomi dunia stabil.

Oleh : Zainal Abidin, ST
Tanggal : 07 Juni 2012

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Situs

Online now

Show Post

Blog Archive